7 Cara Mengidentifikasi Makanan Anjing yang Berkualitas

 

 

Bagi pemelihara anjing pemula biasanya akan bingung akan memilih makanan apa yang cocok untuk anjingnya. Bukan asal cocok, makanan anjing sebaiknya juga sesuai dengan kebutuhannya. Banyak sekali nutrisi yang harus ada dalam makanannya demi kebaikan tumbuh kembangnya.

Cara Mengidentifikasi Makanan Anjing yang Berkualitas

Kami menyadari banyaknya merek di PetShop pasti membuat Anda bingung ingin memilih yang mana. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengidentifikasi makanan anjing yang berkualitas, yaitu:

1. Mengandung Air yang Cukup

Perhatikan kandungan air dalam makanan tersebut. Seperti yang diketahui bersama memang makanan anjing itu ada yang basah dan ada yang kering. Bukan berarti Anda harus memilih makanan basah.

Anda boleh memilih makanan kering asalkan kandungan kelembapan di dalamnya minimal 10%. Namun, ada baiknya memang di samping makanannya, Anda harus menyediakan akses air minum yang bersih.

2. Mengandung Protein Hewani yang Lebih Banyak

Selanjutnya, dalam memilih makanan untuk anjing pastikan mengandung protein yang lebih banyak. Protein yang lebih banyak bukan berarti kesempatan untuk Anda memberinya protein berlebih.

Pastikan kandungan protein tidak terlalu sedikit karena sangat berdampak pada kesehatan organ dalam, enzim, hormon, dan ototnya. Jangan lupa untuk memberinya protein hewani seperti ayam, kalkun, domba, dan lain sebagainya.

3. Mengandung Lemak Hewani dalam Batas Aman

Makanan untuk anjing sebaiknya mengandung lemak namun dalam batas aman. Lemak sangat dibutuhkan untuk pembentukan hormon, enzim, bahkan untuk membantu penyerapan vitamin.

Namun, pemberian lemak tidak boleh sembarangan. Jika kebanyakan anjing akan mudah mengalami obesitas. Apalagi jika tidak didukung dengan aktivitas yang tinggi pula.

4. Mengandung Karbohidrat Kompleks

Tak hanya manusia, anjing sebaiknya juga mendapatkan karbohidrat kompleks yang mana memiliki indeks glikemik rendah. Memang, anjing memerlukan glukosa untuk kinerja otaknya.

Namun, pemberiannya harus sesuai aturan. Jangan biasakan anjing mengonsumsi karbohidrat sederhana apalagi dalam jumlah yang banyak. Anjing juga bisa mengalami diabetes jika mengonsumsi karbohidrat sederhana secara berlebihan.

5. Mengandung Mineral yang Dibutuhkan

Anjing juga membutuhkan beberapa mineral seperti kalsium, fosfor, kalium, dan lainnya. Mineral ini dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit namun harus ada. Kebanyakan pemelihara anjing lupa akan mikro nutrisi ini.

Mineral yang dibutuhkan seperti kalsium dalam membantu pertumbuhan dan memperkuat struktur tulang dan gigi anjing. Tak hanya itu saja, beberapa mineral penting untuk kesehatan syaraf anjing.

6. Mengandung Vitamin yang Lengkap

Dalam memilih makanan, pastikan juga mengandung vitamin yang lengkap. Banyak sekali vitamin yang dibutuhkan anjing walaupun hanya sedikit saja.

Misalnya, vitamin A sangat baik untuk kesehatan matanya. Kemudian ada B yang membantu mengatur energi, memfasilitasi fungsi enzim, dan lainnya. Tak hanya itu saja, anjing juga membutuhkan vitamin C, D, E, dan K.

7. Tidak Menggunakan Bahan Sintetik Tambahan

Cara mengidentifikasi makanan itu baik atau tidak untuk anjing yang selanjutnya adalah pastikan tidak menggunakan bahan sintetik tambahan. Pastikan makanan anjing tidak mengandung pewarna dan pengawet sintetik.

Makanan basah sebaiknya dikemas dalam kaleng steril. Kemudian, makanan kering seharusnya sudah awet tanpa menggunakan pengawet buatan.

Itu dia beberapa cara mengidentifikasi makanan anjing yang berkualitas. Semuanya ini dapat Anda lihat dari tabel nilai gizi dan juga komposisi pada kemasan. Jangan salah memilih makanan karena sangat berdampak bagi kehidupan hewan peliharaan Anda satu ini.