Berapa Lama Botol Susu Bayi Harus Diganti? Inilah Tandanya

Ketika kita memutuskan untuk menjadi seorang ibu, berarti moms harus mau belajar berbagai hal. Masalah parenting dan perawatan anak akan terus berkembang. Moms harus mempelajarinya terus menerus. mungkin hal sepele yang dianggap biasa saja. menjadi salah satu hal yang harus moms perhatikan. Salah satunya berapa lama botol susu bayi harus diganti?

Perlengkapan bayi memiliki masa kadaluarsanya sendiri. moms harus tahu kapan menggantinya dengan yang baru. Bila dibiarkan saja, bisa mengganggu kesehatan si kecil di masa depan. botol susu termasuk perlengkapan bayi yang pasti dimiliki. Terutama buat bayi yang asip atau sufor. Berikut ini tanda kapan waktu yang tepat, moms harus mengganti botol susu bayi.

Ketahui Batas Waktu Pemakaian Botol Susu

Botol susu yang memiliki tulisan BPA Free, berarti botol tersebut menggunakan bahan yang terbebas dari bahan bisphenol-A atau BPA. BPA adalah zat kimia sintetis yang digunakan pada produk plastik. Untuk botol susu BPA free, anda harus menggantinya setiap enam bulan sekali. Sedangkan botol susu yang tidak bertuliskan BPA free, harus diganti setiap tiga bulan sekali.

Terdapat Retakan Di Botol Susu

Moms harus segera mengganti botol susu, bila mulai ada retakan, kerak menempel atau kebocoran pada botol susu bayi. Retakan pada botol susu akan membuat air susu merembes dan mudah tumpah. Apalagi pada botol susu terdapat kerak hitam yang menempel. Ini bisa berbahaya bagi kesehatan bayi. Oleh karena itu sebaiknya moms segera menggantinya dengan yang baru.

Botol Susu Bayi Mulai Berubah Warna

Botol susu bayi yang masih baru, biasanya terlihat bersih dan berwarna bening. Apabila botol susu bayi anda mulai berwarna kekuningan, terlihat keruh dan berbau, berarti moms harus segera menggantinya dengan yang baru. Perubahan warna ini terjadi karena moms tidak mencuciĀ  botol susu sampai bersih. Masih ada sisa susu yang menempel. Bila ini dilakukan terus menerus, tentunya akan terjadi kontaminasi bakteri di botol susu dan menyebabkan masalah kesehatan. Oleh karena itu sebaiknya cuci botol susu sampai bersih dan lakukan sterilisasi untuk membunuh kuman dan bakteri.

Ada Goresan Pada Botol Susu

Berapa lama botol susu bayi harus diganti, memang menjadi pertanyaan banyak orang tua. Apakah harus menggunakannya terus menerus hingga rusak. atau harus menggantinya secara rutin. Bila anda melihat banyak goresan pada botol susu bayi, sebaiknya anda segera mengganti botol tersebut. apalagiĀ  yang terbuat dari bahan kaca. Periksa dengan teliti, karena bisa melukai tangan si kecil/. Selain itu botol lebih mudah menjadi sarang jamur dan bakteri. Jadi moms harus segera membuangnya.

Dot Susu Diganti Berkala

Tidak hanya botol susu saja yang harus diganti berkala. Moms juga harus mengganti dot susu secara berkala. Banyak orang tua yang membiarkan dot susu hingga berlubang besar dan berwarna kuning. Padahal dot susu tersebut sudah tidak layak digunakan. Masa pakai dot botol susu lebih pendek daripada botol susu. Masa pemakaiannya hanya dua bulan. saat ujung karet sudah menipis, sobek dan berubah warna, berarti moms harus menggantinya dengan yang baru. Karena bisa menyebabkan penyakit pada si kecil.

Cara Merawat Botol Susu Bayi

Selain tahu kapan waktunya botol susu diganti, moms juga harus tahu merawat botol susu bayo dengan benar. Sehingga botol susu tidak cepat rusak dan terhindar dari kontaminasi kuman bakteri. Sayangnya masih banyak orang tua, yang tidak tahu cara merawat botol susu dengan benar. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan.

Patuhi Peraturan Perawatan Botol Susu Bayi

Setiap merk botol susu bayi memiliki peraturan perawatan yang berbeda-beda. Supaya botol susu terhindar dari kuman bakteri, moms harus merawat botol dengan sebaik mungkin. botol susu yang terbuat dari kaca tentunya memiliki perawatan yang berbeda dengan botol susu plastik. Supaya botol dibersihkan dengan baik, perhatikan ukuran dan bahan sikat botol susu.

Langsung Dicuci Setelah Digunakan

Jangan biarkan botol susu bayi tergeletak begitu saja setelah digunakan. Karena sisa susu akan menempel di botol dan menyebabkan kuman bakteri muncul. Setelah digunakan sebaiknya, langsung cuci bersih botol susu bayi anda. gunakan sabun khusus untuk membersihkan botol susu bayi. Gunakan sikat yang terpisah untuk mencuci perlengkapan dapur lainnya. setelah dicuci dengan air mengalir, moms bisa merendamnya dengan air mendidih. Untuk membunuh kuman bakteri. Lalu tiriskan di tempat yang kering. dengan melakukan ini, anda tidak perlu bertanya berapa lama botol susu bayi harus diganti? Karena botol akan lebih awet sampai masa penggunaannya habis.

Cuci Botol Susu Dengan Spon atau Sikat Lembut

Untuk membersihkan botol susu bayi, anda harus menggunakan spon atau sikat yang lembut. Spon yang bertekstur kasar, akan membuat botol susu cepat retak dan tergores. Gunakan spon yang bersih dan berbeda dengan spon pencuci alat dapur. Ini akan mengurangi kontaminasi bakteri di botol susu.

Jangan Memasukan Botol ke Dalam Microwave

Untuk menghangatkan susu jangan menggunakan microwave. Karena bisa merusak botol susu bayi. Cara ini memang mudah dan cepat. Namun bisa merusak kandungan didalam susu. Selain itu susu bisa terkontaminasi dengan bahan botol susu. Lebih baik hangatkan susu dengan rendaman air hangat saja. atau alat khusus untuk menghangatkan botol susu bayi.

Simpan Botol Susu Dengan Benar

Masih banyak orang yang menyimpan botol susu dengan salah. Hanya diletakan di rak piring begitu saja. lebih baik simpan botol susu ditempat khusus. Bisa menggunakan box botol susu atau box biasa. Pastikan simpan botol susu saat sudah benar-benar kering. sehingga tidak terjadi kontaminasi bakteri. Simpan alat pengiring botol dan sikat botol di tempat yang terpisah. Jangan lupa untuk membersihkan alat pembersih botol susu bayi secara rutin. Sehingga botol susu akan lebih tahan lama.

Dengan melakukan semua cara diatas, botol susu bayi anda akan lebih tahan lama dan tidak harus diganti terus menerus. namun tiap enam bulan sekali botol susu harus tetap diganti. Walaupun kondisinya belum ada retakan atau goresan. Karena penggunaan botol susu yang terlalu lama, bisa mengganggu kesehatan si kecil di kemudian hari.

Jangan lupa untuk memilih botol susu yang berkualitas dan terbuat dari bahan BPA free. Sehingga aman untuk bayi kecil anda. gunakan botol susu dari dr browns, yang sudah terbukti kualitasnya. Bisa digunakan untuk bayi baru lahir hingga balita. Sesuaikan dengan jenis botol susu yang anda butuhkan. Empengnya juga terbuat dari karet berkualitas, sama dengan puting ibu. Membuat bayi lebih aman meminumnya. Sekarang sudah terjawab pertanyaan berapa lama botol susu bayi harus diganti?

Deskripsi: berapa lama botol susu bayi harus diganti, yaitu sekitar enam bulan sekali untuk botol susu BPA free

Leave a Comment