Kandungan dan Manfaat Bawang Putih Mentah untuk Kesehatan Jantung

Bawang putih ternyata bukan hanya bumbu masakan yang menghadirkan cita rasa lezat, namun juga memiliki kandungan senyawa terbaik untuk menghindarkan Anda dari penyakit kanker. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American National Cancer Institute, bawang berwarna putih ini tinggi akan zat anti kanker.

Tidak hanya itu, antioksidan seperti sulfida dialil, ajoena, quercetin dan allin juga terkandung di dalam bawang. Fakta lain dikemukakan oleh Life Science yang telah melakukan observasi mendalam, bahwa bawang mampu mengurangi resiko sakit jantung dan stroke karena mampu melancarkan aliran darah

Kandungan dan Manfaat Bawang Putih

Memang bukan hal yang mengagetkan lagi kalau bawang memiliki khasiat besar bagi kesehatan tubuh, termasuk jantung. Berbagai penelitian menyatakan bahwa kandungannya sangat besar untuk menyehatkan jantung. Berikut ini dapat Anda simak ulasan mengenai kandungan dan manfaat bawang putih:

1. Antioksidan

Kandungan pada bawang putih sangat beragam, salah satunya adalah minyak atsiri dengan sifat antibakteri dan radikal bebasnya. Sebagai antioksidan untuk melawan berbagai jamur dan racun dalam tubuh, bawang sangat berguna untuk mengencerkan darah, sehingga dapat mengalir normal menuju jantung.

Produksi empedu juga akan semakin terangsang demi membantu penurunan kadar lemak yang menumpuk di hati dan jantung,  sehingga sistem kerjanya tidak terlalu berat dan terhindar dari kerusakan. Antioksidan perannya sangat besar untuk mengoptimalkan kerja jantung agar dalam berfungsi secara baik.

Kadar antioksidan tinggi pada bawang juga mampu membantu dalam pencegahan penyakit alzheimer ataupun demensia. Pasalnya, antioksidan sangat besarnya manfaatnya untuk menangkal radikal bebas yang akan merusak fungsi otak.

2. Berbagai Nutrisi Penting

Dalam bawang putih juga terkandung nutrisi penting seperti kalsium. Fungsinya untuk mencegah hipertensi. Selain itu, juga tinggi akan saltivine yang sangat berperan dalam pertumbuhan sel dan jaringan. Tidak ketinggalan, adanya diallysulfide, alilpropil disulfida, juga menjadi pembersih kotoran dalam tubuh.

Karbohidrat, zat besi, lemak, fosfor, protein dan berbagai jenis vitamin seperti A, B1, C, D, E, K juga tak luput menjadi kandungan nutrisi penting dalam bawang.

Berbagai manfaat lainnya pada bawang putih mampu menekan tekanan darah dan mengencerkan penggumpalan platelet serta menurunkan jumlah serum trigliserida dan kolesterol.

3. Tinggi Kandungan Polifenol

Faktanya, bawang berwarna putih ini mengandung 20 bahkan lebih macam polifenol serta 17 jenis asam amino. Tetapi, komponen tersebut besar manfaatnya jika dalam kondisi utuh dan mentah.

Apabila sudah dilakukan pengolahan atau dimasak, maka kandungan penting tersebut akan hilang. Maka dari itu, banyak penderita jantung koroner mengkonsumsi bawang putih mentah.

Bawang juga mampu merangsang produksi oksida nitrat untuk menjaga kelenturan pembuluh darah yang sangat besar khasiatnya untuk memperlancar aliran darah ke seluruh bagian tubuh.

Bawang putih memang dapat mencegah berbagai macam penyakit, termasuk jantung koroner, kolesterol tinggi, dan lain sebagainya. Bahan alami ini mencegah penimbunan plak pada arteri dari kandungan yang dimiliki. Selain itu, manfaat bawang sangat besar bagi penderita tekanan darah tinggi.

Konsumsi ramuan yang berbahan dasar bawang setiap pagi sangat baik untuk tubuh. Namun bagi Anda yang memiliki asam lambung, harus berhati-hati dalam mengkonsumsi bawang, karena akan membuat kadar asam pada lambung menjadi naik.

Manfaat yang terkandung pada bawang putih memang sangat besar, untuk itu jangan pernah sepelekan mengkonsumsi bahan-bahan alami karena khasiatnya sangat besar. Nah, bagi Anda yang hendak berbelanja bawang putih, langsung saja kunjungi TaniHub. Platform belanja sayur dan buah online terbaik ini menjual bawang putih berkualitas langsung dari petani.

Tak hanya bawang putih, di TaniHub Anda juga dapat membeli buah, sayur mayur, sembako, beras, makanan kaleng, bumbu dapur, daging, susu dan telur. TaniHub merupakan platform business-to-business (B2B) dan business-to-consumer (B2C) produk pertanian, yang bertujuan menghubungkan petani dengan berbagai jenis usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *